Home » Berita » Pasca Putusan MK, KPU Samosir Tetapkan 25 Caleg Terpilih

Pasca Putusan MK, KPU Samosir Tetapkan 25 Caleg Terpilih

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Samosir resmi menetapkan 25 calon legislatif terpilih DPRD Kabupaten Samosir hasil Pemilu 2019.
Penetapan caleg terpilih ini dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka di Hotel JTS Parbaba, Kecamatan Pangururan, Senin, 12 Agustus 2019.
Adapun penetapan caleg terpilih ini usai pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi mengenai perselisihan hasil pemilu se-Indonesia beberapa hari lalu.
“Ini adalah tahapan akhir dari proses Pemilu 2019 pada 17 April lalu,” kata Ketua KPU Samosir, Ika Rolina Samosir.
Berdasarkan keputusan KPU Samosir nomor: 41/PL.02.6-Kpt/1217/KPU-Kab/VIII/2019 tentang penetapan perolehan kursi partai peserta pemilu anggota DPRD Samosir 2019, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil menduduki kursi terbanyak di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir.
Partai berlambang moncong putih ini meraih delapan kursi DPRD Samosir dan berhasil mengalahkan partai politik lainnya yang ada di Kabupaten Samosir.
Di posisi kedua diikuti partai Nasdem 5 kursi, dan PKB di urutan ketiga dengan raihan 4 kursi. Selanjutnya Golkar 3 kursi, Demokrat dan Gerindra masing-masing 2 kursi. Serta partai Hanura 1 kursi.
Samosir.

“Mahkamah Konstitusi telah membacakan putusan terkait kasus sengketa yang diajukan sejumlah parpol yakni PDIP dan PAN untuk Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Samosir. Dimana dari sengketa PHPU tersebut, MK memutuskan menolak gugatan itu,” imbuh Ketua KPU Samosir yang didampingi empat komisioner lainnya.

Adapun ke 25 anggota DPRD Samosir terpilih periode 2019-2024, yakni:
Dapil 1 (Kecamatan Pangururan dan Ronggurnihuta)
1. Sorta Ertaty Siahaan (PDIP)
2. Polma Gurning (Nasdem)
3. Renaldi Naibaho (PDIP)
4. Polten Simbolon (Golkar)
5. Nasib Simbolon (PKB)
6. Baringin Sihotang (Demokrat)
7. Saur Silalahi (Gerindra)
8. Jonner Simbolon (Nasdem).
Dapil 2 (Simanindo dan Onan Runggu)
1. Rismawati Simarmata (PDIP)
2. Magdalena Sitinjak (Nasdem)
3. Paham Gultom (PDIP)
4. Parluhutan Samosir (Demokrat)
5. Haposan Sidauruk (PKB)
6. Pardon Lumban Raja (PDIP).
Ketua KPU Samosir menyerahkan salinan putusan kepada Ketua Bawaslu Samosir.

Dapil 3 (Palipi dan Nainggolan)

1. Noni Situmorang (PKB)
2. Jono Situmorang (PDIP)
3. Basrun Sihombing (Nasdem)
4. Parluhutan Sinaga (Golkar)
5. Suhanto Sitanggang (Hanura)
6. Nurmerita Sitorus (Gerindra).
Dapil 4 (Sitiotio, Harian dan Sianjur Mulamula)
1. Romauli Pangabean (PDIP)
2. Pantas Sinaga (Nasdem)
3. Pantas Limbong (PKB)
4. Jonny Sagala (Golkar)
5. Saut Tamba (PDIP).
Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, Robinsar Junaidi Barus menyerahkan salinan putusan kepada salah satu parpol.

Setelah penetapan caleg terpilih ini, ditambahkan Komisioner KPU Samosir, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Robinsar Junaidi Barus, KPU Samosir selanjutnya akan meminta para caleg terpilih untuk melaporkan harta kekayaannya.

Yang selanjutnya KPU Samosir akan menyerahkan salinan berita acara kepada Pemerintah Kabupaten Samosir.
“Hal itu dilakukan untuk pengusulan penerbitan Surat Keputusan (SK) sebagai administrasi untuk pelantikan Anggota DPRD Samosir Periode 2019-2024,” sebut Junaidi.
Berphoto bersama sejumlah caleg terpilih yang hadir seusai rapat pleno penetapan.

Acara rapat pleno terbuka ini turut dihadiri Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga bersama dua komisionernya, Robintang Naibaho dan Rianto Nainggolan. Juga Ketua DPRD Samosir, Rismawati Simarmata, Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Dandim dan Kajari yang diwakili serta para pengurus partai, sejumlah caleg terpilih, OKP dan LSM/Pers.